Monday, October 31, 2011

Cara Install Kernel 686-PAE di Linux Mint Debian Edition (LMDE) 201109

Di postingan sebelumnya saya telah menjelaskan salah satu kekurangan jika kita menginstal dan menjalankan Linux Mint Debian Edition 201109 pada komputer yang memiliki core CPU lebih dari satu (‘multicore’). Berhubung LMDE 201109 dibangun dengan kernel 486, maka kernel bawaan tersebut hanya mampu mendeteksi satu core.
kernel 486
satu core

Apa akibat dari hal tersebut? Saya sudah mengalami sendiri dampak nyatanya, terutama ketika membuka beberapa aplikasi/program yang agak berat (dalam waktu bersamaan). Beberapa kali komputer saya (tepatnya laptop saya) mengalami semacam ‘hang’ atau ‘crash’. Dari situlah, saya memutuskan untuk menginstal kernel 686, tepatnya 686-PAE. Kernel ini adalah solusi terbaik untuk menjalankan Linux Mint Debian Edition di komputer dengan prosesor ‘multi-core’ (misalnya Intel Core 2 Duo).
Ok. Mari kita mulai menginstalnya (khusus untuk LMDE versi Gnome).

Tahap Pra Instalasi

  1. Pastikan komputer Anda terhubung dengan jaringan Internet (agar Anda bisa mengunduh paket kernel 686 ini).
  2. Pastikan Anda telah melakukan pembaruan paket ke ‘Update Service Pack 3‘. Sebelumnya, ubah dulu list repositori LMDE ini dengan membuka file sources.list di root direktorinya. Cukup dengan mengetikkan perintah berikut ini pada terminal, lalu diikuti dengan menekan Enter dan menginputkan password root Anda.
    gksu gedit /etc/apt/sources.list
  3. Setelah jendela gedit terbuka, gantilah semua isinya dengan list berikut ini:
    deb http://packages.linuxmint.com/ debian main upstream import
    deb http://debian.linuxmint.com/latest testing main contrib non-free
    deb http://debian.linuxmint.com/latest/security testing/updates main contrib non-free
    deb http://debian.linuxmint.com/latest/multimedia testing main non-free
  4. Lalu tekan tombol atau Ctrl+S untuk menyimpan hasil pengeditan tersebut, kemudian tutup saja jendela geditnya.
  5. Lakukan pembaruan dulu pada paket-paket software di LMDE Anda lewat aplikasi ‘Update Manager’. Cukup klik icon aplikasi tersebut pada panel kanan bawah dekstop Anda (icon-nya berbentuk perisai/tameng). Bisa juga membukanya lewat menu utama yang ada di sudut kiri bawah dekstop Anda.
  6. Lakukan penginstalan atau ‘upgrade’ jika ada aplikasi yang mesti di’upgrade’ (pada menu ‘Update Manager’) dengan cara mengklik tombol .

Tahap Instalasi

  1. Buka aplikasi ‘Synaptic Package Manager’. Anda bisa menemukannya di kategori ‘Administration’ atau lewat mengetikkan kata kunci ‘Synaptic’ di kotak pencarian pada menu utama LMDE. synaptic
  2. Setelah jendela ‘Synaptic Package Manager’ terbuka, ketikkan kata kunci berupa “686-pae” di kotak pencarian (pada bagian atas, tepatnya pada ‘Quick Filter’).
    cari kernel 686
  3. Pilih/klik list yang bertuliskan ‘linux-image-686-pae’. Lalu pada ‘tooltip’ yang muncul, pilih/klik ‘Mark for installation’. Jika kemudian muncul kotak dialog, klik saja tombol . Contohnya seperti berikut ini. mark confirm
    Biasanya kotak dialog di atas muncul sebagai tanda bahwa ada paket lain yang juga wajib diinstal nantinya, yaitu paket ‘linux-image-3.0.0-1-686-pae’. Kotak dialog di atas muncul setelah Anda mencentang paket ‘linux-image-686-pae’ dan menandainya untuk diinstal (pada langkah sebelumnya).
  4. Beri centang juga list teratas yang berisi keterangan ‘linux-headers-3.0.0-1-686-pae’, lalu klik “Mark for installation” pada ‘tooltip’ yang muncul. Jadi, totalnya ada 3 buah paket yang harus dalam kondisi tercentang dan telah Anda setting dengan opsi “Mark for installation”. Lihat gambar di bawah ini agar lebih jelas. centang paket
  5. Klik tombol yang berada pada sudut kiri atas jendela ‘Synaptic’ (untuk mulai melakukan instalasi paket-paket yang telah Anda tandai sebelumnya). apply
  6. Ketika muncul kotak dialog konfirmasi, klik tombol untuk mulai mengunduh dan memasang ketiga paket kernel 686-pae yang telah Anda tandai. Sebelumnya, Anda bisa mengklik bagian ‘Details’ untuk melihat rincian list paket ‘kernel 686-pae’ yang akan diinstal. Pastikan keterangan paket yang muncul ialah seperti gambar di bawah ini. details
    Dari keterangan kotak dialog di atas pula, kita bisa mengetahui total ukuran file/paket yang akan kita unduh dan pasang setelahnya. Dalam hal ini, 30,8 MB adalah total ukuran paket yang kita unduh/download dan 94,8 MB adalah total ‘space hard-disk’ yang akan digunakan setelah semua paket ‘kernel 686-pae’ terpasang/terinstal.
  7. Setelah Anda mengklik tombol Apply, silakan tunggu proses pengunduhan dan pemasangan paketnya seperti gambar berikut. pengunduhan
  8. Usai proses pemasangan/instalasi sukses, Anda bisa menutup kotak jendelanya, terutama jika sudah muncul keterangan berupa “Successfully applied all changes. You can close the window now”. Lihat gambar berikut ini sebagai contoh. penginstalan
    Perhatikan juga tanda panah kuning dan keterangan yang saya berikan pada gambar proses di atas. Itu adalah proses generate file grub.cfg untuk proses ‘booting’ saat komputer dihidupkan. Dalam gambar di atas, terlihat bahwa kernel 686-pae sudah berhasil diinstal dan dikonfigurasi pada ‘boot-loader’ milik LMDE.
  9. Sekarang, coba ‘reboot’ atau ‘restart’ komputer Anda, lalu login kembali ke Linux Mint Debian Anda.

Tahap Testing

Setelah melakukan ‘reboot’ dan login kembali, coba buka terminal, lalu ketik perintah berupa:
uname -r
Perintah pendek di atas gunanya untuk menampilkan keterangan versi kernel yang sedang aktif di sistem LinuxMint Debian Edition (LMDE) Anda. Jika Anda memang telah berhasil menginstal/memasang kernel 686-pae pada langkah-langkah di atas, maka akan muncul keterangan seperti berikut ini pada terminal.
kernel aktif
Keterangan di atas saya ambil dari laptop saya sendiri yang telah terinstal kernel 686-pae pada Linux Mint Debian Edition 201109.
Untuk lebih meyakinkan bahwa Anda sudah berhasil memasang kernel 686 pada LMDE Anda, coba buka menu ‘System Monitor’ > ‘System’.
system aktif
Lalu buka juga sub menu ‘Resources’.
cpu 2 core
Nah, selamat mencoba dan semoga berhasil.
Tips di atas berdasarkan pengalaman saya sendiri dan terbukti berhasil (setelah melewati beberapa kali kegagalan). Mudah-mudahan selanjutnya saya bisa memposting tips menghapus kernel lama yang sudah tidak terpakai lagi pada LMDE.

2 comments:

  1. ditunggu ulasan remove kernel yang dah ga dipake bro, sangat menantikan (habis praktek nih) hehehe

    ReplyDelete
  2. ok bro... masih praktek buat cara yang simpel...biar gak panjang2 gan..

    ReplyDelete

Silakan Berkomentar sesuka Hati Anda Demi Kelancaran Kami Membangun Blog Ini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

BERJALAN MENDAKI GUNUNG EVEREST, TERTATIH BERJALAN DI GURUN SAHARA, BERLAYAR MENYEBRANGI LAUTAN HINDIA,HANYA UNTUK MELIHAT RESTANA'S BLOG