Wednesday, January 9, 2013

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN GANTI TEMPLATE BLOG

 Kerugian dan Keuntungan Ganti Template Blog - Bagi seorang blogger, theme atau template merupakan suatu hal yang sangat penting dalam membuat blog lebih berkarakter, juga terlihat lebih menarik karena template adalah salah satu dari kosmetik sebuah blog. Semakin bagus template / theme blog nya, akan semakin menarik saat pengunjung (visitor) menjelajahi isi dari blog. Karena begitu pentingnya, tak jarang para blogger baik pengguna wordpress maupun blogspot
atau blogger lainnya kerap bingung menentukan theme / template untuk blog nya. Akhirnya, template blog sering berganti-ganti. Lalu adakah pengaruh jika template blog sering berganti-ganti?
Setiap tindakan tentunya akan menimbulkan sebuah dampak / pengaruh / akibat. Tinggal apakah itu menjadi pengaruh postif atau negatif. Apakah perubahan yang terjadi akan membawa kebaikan / keuntungan atau malah mengakibatkan sebuah kekurangan / kerugian. Lalu apa saja yang menjadi keuntungan dan kerugian jika sering ganti template blog?




  •  Kerugian ganti template blog
Berikut ini adalah beberapa kerugian atau kekurangan jika ganti theme/template blog.
  1.  Bergesernya nilai SEO blog, paling fatal adalah berubahnya sistem index dari crawl google bot. Salah satu contohnya artikel menjadi sulit terindex.
  2. Jika salah memilih template/theme blog, bukannya menjadi tampil cantik dan elegan tetapi justru akan membuat blog menjadi berantakan karena template/theme blog yang tidak cocok.
  3. Harus memasang beberapa meta verification, misalnya verifikasi dari Google Webmaster, Alexa, dan beberapa meta lainnya jika memang pada theme sebelumnya sudah pernah menggunakannya. Ingat, jangan sampai meninggalkan beberapa meta yang telah ada pada theme/template sebelumnya jika memang tersedia.
  4. Loading blog menjadi berat, ini biasanya terjadi jika memilih theme/template blog karena faktor “tampilan”, akibatnya tidak memperhatikan sisi kecepatan loading blog nya. Akibatnya pengunjung/pembaca menjadi kurang nyaman karena loading blog nya berat.
  •  Keuntungan ganti template blog
Berikut ini adalah beberapa keuntungan, manfaat atau kelebihan jika ganti theme/template blog.
  1. Tampilan blog terlihat lebih fresh
  2. Pengunjung akan merasakan tampilan yang baru dan tentunya tidak akan membosankan
  3. Meskipun blog lama berasa seperti blog baru
  4. Lebih variatif dari segi penampilan dari waktu ke waktu
  5. Loading menjadi ringan dan cepat, dengan syarat theme yang baru adalah yang lebih ringan.
  6. Fiturnya bertambah, ini biasanya yang melatarbelakangi blogger ganti template blog nya.

Mungkin cukup sekian mengenai hal-hal apa saja yang menjadi keuntungan dan kerugian bagi blog yang sering ganti template/theme blog.

5 comments:

  1. Terimakasih gan penjelasan dalam artikelnya bermanfaat

    moga bertambah ilmunya dan manfaat

    ReplyDelete
  2. kalau dipikir2 lebuih banyak ruginya lah ya jadinya kalau mau ganti template tidak boleh keseringan..

    ReplyDelete
  3. Iya juga sih gan ane juga mikir gitu...tapi rasanya pengen banget ganti template yang lebih ringan karena blog sangat berat...saya jadi risih sendiri ngelihat blog saya sendiri...hehehe...kalau misal gak ganti template tapi di edit sendiri gimana gan???otomatis tampilan template kan juga ganti kalau di edit sendiri??? itu merugikan atau menguntungkan ya gan>??

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bagus gan. klo pakai template asli malah lebh bagus. klo ganti template pake template baru itu beresiko kesulitan menemukan keyword gan.karena isi HTML itu berubah. makanya ane saranin, pake template yang simple tapi bagus dan mudah di edit.

      Delete
  4. ia dahh.. jangan ganti templet sering sering dah

    ReplyDelete

Silakan Berkomentar sesuka Hati Anda Demi Kelancaran Kami Membangun Blog Ini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

BERJALAN MENDAKI GUNUNG EVEREST, TERTATIH BERJALAN DI GURUN SAHARA, BERLAYAR MENYEBRANGI LAUTAN HINDIA,HANYA UNTUK MELIHAT RESTANA'S BLOG