Saturday, November 12, 2011

MAKNA LOGO DAN MASKOT SEA GAMES XXVI INDONESIA 2011



Sobat semua pasti sudah tau dong tentang logo dan maskot SEA GAMES ke 26 yang bakalan diadakan di Jakarta dan Palembang??? Yup bener banget, untuk logo yang digunakan pada SEA Games ini adalah Burung Garuda yang merupakan lambang negara kita tercinta ini. Burung Garuda ini dipilih bukan hanya karena sebagai lambang negara kita tetapi juga dipilih karena Burung Garuda secara fisik melambangkan kekuatan dan kepakan sayapnya mempresentasikan kemegahan dan kejayaan. Di samping itu, Burung Garuda juga dikenal karena keindahannya dan terdapat di seluruh dunia. Dimana seperti halnya Indonesia yang sangat terkenal di seluruh dunia karena alam dan budayanya yang beragam.

Selain itu, jika kita liat gambar dari logo SEA Games 2011 telihat ada guratan dengan tinta hijau di bagian atas yang berbentuk gunung. Nah, guratan ini sebagai simbol bahwa alam Indonesia di dominasi oleh pegunungan yang Indah (seperti yang kalian tau kalau Indonesia merupakan negara dengan jumlah gunung terbanyak). Warna hijau yang dipakai pada guratan untuk mempresentasikan bahwa alam Indonesia sangatlah hijau dan subur.

Gak Cuma guratan di bagian atas aja, dibagian bawah juga terdapat guratan berwarna biru yang berbentuk seperti aliran air. Guratan ini melambangkan bahwa Indonesia memiliki lautan yang sangat luas dan juga sebagian besar negara Indonesia berbatasan langsung dengan lautan. Pemilihan warna biru disamping melambangkan warna air, warna biru juga dipilih lantaran lautan Indonesia yang luas merupakan lautan yang sangat jernih dan di beberapa bagian lautan telah diakui oleh dunia memiliki air laut terjernih. Warna merah yang berbentuk kepala Garuda, selain mempresentasikan salah satu warna bendera kita, juga melambangkan keberanian para atlet Indonesia Loh !.

Logo Sea Games 2011

Bukan hanya logo SEA Games 2011 aja nih yang menarik tetapi juga maskotnya yang sangat menarik dan lucu. Seperti yang kalian ketahui jika terdapat suatu pertandingan olah raga, pasti akan ada sebuah maskot yang biasanya di inspirasi dari satu jenis binatang yang melambangkan atau terdapat di negara tersebut. Begitu juga yang terjadi di Indonesia.

Maskot SEA Games 2011 kali ini adalah Modo dan Modi yang merupakan sepasang hewan komodo. Hewan komodo dipilih lantaran hewan ini merupakan hewan endemik Indonesia dan hanya terdapat di wilayah Indonesia yaitu Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara. Selain itu, hewan komodo juga dipilih lantaran sudah hampir punah, jadi maskot ini dimaksudkan untuk menyadarkan masyarakat dunia untuk melestarikan kadal purba terbesar di dunia ini. Denger-denger juga sih kan Taman Nasional Komodo diikut sertakan dalam New7Wonders of Nature kan ?? jadi komodo ini dipilih juga dengan tujuan masyarakat Indonesia baik duniainternasional memilih Taman Nasional Komodo untuk menjadi 7 keajaiban dunia (itung-itung promosi gratis lah ^^).

Tuh mirip kan sama komodo asli ??

Modo merupakan nama komodo jantan yang mengenakan pakaian tradisional Indonesia bewarna biru dan memakai selempang dengan motif batik. Modi merupakan komodo betina yang memakai baju tradisional Indonesia yaitu kebaya berwarna merah dan menggunakan sarung batik serta selendang. Penggunaan nama “MODO” juga diambil dari singkatan KOMODO dan “Modo-Modi” di ambil dari kata “Pemuda-Pemudi”. Modo-Modi ini memiliki sifat yang pekerja keras, jujur, adil, bersahabat, sportif, dan talk less do more.

Selain itu Modo-Modi juga sangat positif dan ramah yang mencerminkan sifat warga Indonesia yang ramah dan positif yang diharapkan dapat melestarikan keharmonisan persahabatan dan kerja sama diantara atlet-atlet lain sesama anggota peserta. Pengadaan maskot ini selain untuk menyemarakkan perlombaan juga untuk menyemangati para atlet yang bertanding.

sebelah kiri adalah maskot MODO-MODI-sebelah kanan MODO-MODI yang asli
Nah.. berhubung juga penyelegaraan SEA Games kali ini di Indonesia, bakalan mudah juga buat kita-kita untuk mendukung tim Indonesia. Mudah-mudahan juga bisa jadi juara umum (Amiiin), kan mainnya di negeri sendiri. Saya rasa, sebagai warga Indonesia, kita wajib memberi dukungan untuk tim atau para atlet kita yang berlaga.

Mari Kita Bersatu mendukung Kontingen Indonesia di SEA GAMES ini, sudah terlalu lama Indonesia kita tercinta terlelap terhitung sejak tahun 1997 saat menjadi juara umum, sekarang saatnya Indonesia kembali bangkit dari tidur panjang. Ini adalah peluang, ini adalah momentum di rumah sendiri. BUKTIKAN BAHWA KITA BISA, KITA PASTI BISA, INDONESIA BISA.
I Love IndonesiaI Love IndonesiaI Love Indonesia

1 comments:

Silakan Berkomentar sesuka Hati Anda Demi Kelancaran Kami Membangun Blog Ini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

BERJALAN MENDAKI GUNUNG EVEREST, TERTATIH BERJALAN DI GURUN SAHARA, BERLAYAR MENYEBRANGI LAUTAN HINDIA,HANYA UNTUK MELIHAT RESTANA'S BLOG