Tuesday, January 17, 2012

CARA INSTAL PRINTER EPSON L100 DI LINUX UBUNTU 11.10

APA YANG MAU DIPOSTING?, jujur saja sedang bingung mencari-cari mau menulis apa. Ada beberapa kasus sih yang sebenarnya muncul dengan Ubuntu, tapi sampai sekarang belum ketemu juga solusinya :)
Eh, tiba-tiba kemarin dapat “kado” Desemberan berupa printer baru Epson L100. Sebenarnya Epson T11 yang selama ini saya pakai juga masih bisa berfungsi dengan baik. Cuma T11 ini sangat sensitif, hanya ramah kepada saya; kalau yang pakai orang lain, pasti dibikin emosi :) Akhirnya L100 yang baru ini diletakkan di meja, supaya langsung bisa koneksi dengan laptop, soalnya empat orang di rumah, masing-masing pakai laptop sendiri-sendiri. Sementara T11 tetap dipakai dan selalu tersambung dengan PC dekstop.



Pada awalnya, waktu mau instal L100 ini di Ubuntu 11.10, agak ragu juga, soalnya ada tulisan “untuk Indonesia” itu lho. Jangan-jangan tidak disupport Ubuntu nie. Tapi karena terlanjur percaya dengan Ubuntu, ya langsung saja dicolokkan. Dan langsung nih, Oneiric Ocelot mendeteksi printer baru dan memberi nama dengan benar L100. Langsung deh dicoba untuk mencetak satu dokumen, dan hasilnya … he … he …he … tidak ada kertas yang keluar dari L100 :)
Pilihan berikutnya adalah menemui dukun modern, itu lho mbah gugel. Akhirnya ketemu juga solusinya, rupanya harus pakai driver Epson Stylus NX-100. Wah kalau ini sih gampang caranya. Tinggal masuk saja ke menu Printing > klik kanan di L100 > Properties > ganti Make dan Model dengan Epson Stylus NX-100.
Screenshot di bawah ini bisa memberi gambarannya. Setelah itu, L100 sukses untuk mencetak via Ubuntu 11.10. Selamat mencoba.






=============
Tulisan ini bebas disebarluaskan, dengan catatan mencantumkan sumbernya

1 comments:

  1. Kesini gan, lengkap
    http://avasys.jp/eng/linux_driver/download/lsb/epson-inkjet/escp/

    ReplyDelete

Silakan Berkomentar sesuka Hati Anda Demi Kelancaran Kami Membangun Blog Ini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

BERJALAN MENDAKI GUNUNG EVEREST, TERTATIH BERJALAN DI GURUN SAHARA, BERLAYAR MENYEBRANGI LAUTAN HINDIA,HANYA UNTUK MELIHAT RESTANA'S BLOG