Monday, January 16, 2012

PENGERTIAN DAN JENIS PRINTER

Pengertian printer
Printer adalah salah satu hardware (perangkat keras) yang terhubung kekomputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilanlainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis. Istilah yang dikenal padaresolusi printer disebut dpi (dot per inch). Maksudnya adalah banyaknya jumlah titikdalam luas area 1 inci. Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin baguscetakan yang dihasilkan. Sebaliknya, jika resolusinya rendah maka hasil cetakanakan buruk / tidak bagus.
 Jenis Printer
Printer Dot-Matrixadalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain ituketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitasuntuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihatseperti titik-titik yang saling berhubungan. Umumnya, printer jenis dot-matrix jugahanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Tetapi saat ini printer ini masihbanyak digunakan karena memang terkenal 'bandel' (awet). Kelebihan lainnya, pitaprinter dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet.InkJet Printeradalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dankualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printertersebut. Tetapi pada inkjet printer, hasil cetakan lebih lama keringnya jikadibandingkan dengan laser printer.Laser PrinterSebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Dayacetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitashasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya.Selain itu hasil cetakan cepat kering. Tetapi harga printer ini cukup mahal.
Mungkin definisi lengkapnya seperti berikut Printer atau pencetak adalah alat yang digunakanuntuk menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar atau grafik, diatas kertas.Di bawah ini ada bagian bagian printer yang mungkin belum anda ketahui.Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu :

Trayialah tempat untuk menaruh kertas.Pickersebagai alat untuk mengambil kertas dari tray.Tinta atau toneradalah alat pencetak yang digunakan untuk menulis atau mencetak  pada kertas. Tinta dan Toner memiliki perbedaan pada sistem. Toner atau laser membutuhkan pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-head printer tersebut.Kabel fleksibeluntuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. Kabelini tipis dan fleksibel, namun kuat.

Pada bagian belakang printer biasanya ada Port paralel atau USB untuk penghubung kekomputer.Saat ini, Merk produk printer yang banyak digunakan diantaranya adalah Epson, HewlettPackard (HP), Canon, Lexmark dan masih banyak lagi. Untuk jenisnya, printer memiliki beberapa jenis diantanya Printer Dot-Matrix,Printer InkJetdanPrinter Laser .

0 comments:

Post a Comment

Silakan Berkomentar sesuka Hati Anda Demi Kelancaran Kami Membangun Blog Ini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

BERJALAN MENDAKI GUNUNG EVEREST, TERTATIH BERJALAN DI GURUN SAHARA, BERLAYAR MENYEBRANGI LAUTAN HINDIA,HANYA UNTUK MELIHAT RESTANA'S BLOG