Tuesday, January 31, 2012

PERBEDAAN SHARED HOSTING LINUX DAN WINDOWS

Di dunia shared hosting, server hosting Linux dan Windows merpakan dua posisi teratas yang banyak di tawarkan. Merskipun kalau kita lihat sekilas mempunyai fungsi yang sama. Namun perlu anda ketahui, ada perbedaan antara linux dan windows shared hosting.


  1. Sistem Operasi: Linux hosting dapat berjalan pada OS linux seperti Ubuntu, Redhat, CentOS, Debian dll. Sedangkan Windows menggunanakan Windows Server. Tapi ini bukanlah suatu hal yang penting untuk diperhatikan karena anda dapat memilih salah satu Operating sistem yang menurut anda paling mudah / disukai.
  2. Security / Keamanan: Ini merupakan hal yang vital bagi semua orang yang menggunakan jasa hosting, baik itu yang menggunkan Linux ataupun windows. Tetapi pada saat sekarang ini, banyak orang yang memiliki persepsi kalau linux itu jauh lebih aman dibandingkan dengan windows, padahal itu salah besar. Windows juga sebenarnya memiliki keamaanan yang canggih dan selalu terupdate, hanya semua itu tergantung kepada perusahaan yang menyediakan jasa layanan hosting tersebut. Apakah perusahaan tersebut dapat memberikan keamanan yang baik untuk layanan hostingnya.
  3. Cost / Biaya: Kita semua tentu sudah tahu kalau hampir semua OS linux adalah open source alias bebas biaya. Ini mungkin salah satu keunggulan kenapa banyak perusahaan yang menggunakan linux sebagai server karena tak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar lisensi. Sedangkan Windows, segala sesuata perlu mengeluarkan duit untuk meng-Install service ke windows, hal ini tentu memberatkan di sisi biaya. (tetapi hukum pasar tetap berlaku, ada uang pasti ada kualitas.... tapi sampai sekarang saya masih belum tau apa kelebihannya... hehe.. )
  4. Performance / kinerja: Linux pada umumnya lebih stabil dan mampu memberikan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan windows ketika Sistem Operasi dituntut untuk menangani banyak proses dalam waktu yang sama.
  5. Server Access / Akses server: Jika anda ingin SSH or Telnet access, seperti anda ingin melakukan akses file langsung ke server tanpa mentransfer ke penyimpanan lokal, tentu linux memberikan keuntungan lebih. Sedangkan untuk windows lebih mengunggulkan dengan menggunakan remote desktopo atau virtual console.
  6. Language support / dukungan bahasa: Yang dimaksud bahasa disini adalah bahasa pemrograman yang di dukung dari Linux dan Windows. Dalam hal dukungan bahasa pemgrograman, nampaknya windows masih lebih unggul. Di windows, kita dapat mengimplementasikan bahasa ASP.NET, PHP, Ruby, Access, MySQL, HTML, Javascript, dan banyak lagi. Sedangkan linux terbatas hanya beberapa bahasa pemrograman yang open source saja.
  7. FileNames / Nama File: Jika anda menggunakan server Linux, nama file seperti test.html dan Test.html adalah nama yang berbeda tetapi pada server Windows mereka adalah nama file yang sama.
  8. Ease of User / Kemudahan penggunaan: Jika anda lebih menyukai tampilan GUI, mungkin windows adalah pilihan yang tepat. Tapi jika anda penyuka CUI (alias console) mungkin linux adalah pilihan yang tepat. Tapi pada umumnya banyak yang ahli jaringan / server lebih menyukain menggunakan console dibandingkan dengan GUI.
  9. Downtime: Server hosting Windows sering membuang waktu yang berharga dari para penggunanya dikarenakan downtime yang lebih lama dibandingkan dengan linux. Selainitu, Windows lebih membutuhkan sumber daya (hardware) yang lebih besar untuk memulai suatu proses, ini berarti saat melakukan reboot windows akan memakan waktu yang lebih lama.
Sekarang mungkin anda telah mendapat gambaran akan perbedaan antara menggunakan hosting Linux dan Windows, mungkin saja ini bisa menjadi acuan manakah yang paling tepat layanan hosting yang akan digunakan sebagai investasi dari bisnis anda yang paling menguntungkan dari segi finansial, waktu, dan biaya.

Saya berharap informasi perbedaan antara Shared Hosting menggunakan Linux dan Windows ini dapat berguna. ^_^

10 comments:

  1. Hey would you mind letting me know which webhost you're working with? I've loaded your blog in 3 completely different web browsers and I must say this blog loads a lot quicker then most.
    Can you recommend a good hosting provider at a honest price?
    Many thanks, I appreciate it!

    my webpage - copenhagen dj

    ReplyDelete
  2. Hey! I realize this is somewhat off-topic but I needed to
    ask. Does running a well-established website
    like yours take a massive amount work? I'm brand new to blogging but I do write in my journal on a daily basis. I'd
    like to start a blog so I can easily share my personal experience
    and thoughts online. Please let me know if you have any kind
    of recommendations or tips for new aspiring bloggers. Thankyou!


    Feel free to visit my web blog - guild wars 2 gold

    ReplyDelete
  3. When someone writes an paragraph he/she keeps the thought of a user in
    his/her brain that how a user can know it.
    Therefore that's why this piece of writing is amazing. Thanks!

    my web blog ... HCG diet

    ReplyDelete
  4. I think this is among the most important information for me.
    And i am glad reading your article. But wanna remark on few general things, The site style is ideal, the articles is really great :
    D. Good job, cheers

    Review my website :: Arabic Books

    ReplyDelete
  5. An impressive share! I have just forwarded this onto
    a coworker who has been doing a little homework on this.
    And he in fact ordered me breakfast due to the fact that I discovered it for him.
    .. lol. So let me reword this.... Thank YOU for
    the meal!! But yeah, thanks for spending some time to discuss this topic here on your internet site.


    Feel free to surf to my site: mc9060

    ReplyDelete
  6. Excellent post. I was checking constantly this blog and I'm impressed! Very helpful information particularly the final section :) I maintain such info a lot. I was looking for this certain information for a very lengthy time. Thank you and best of luck.

    Also visit my web page; CN3 Intermec

    ReplyDelete
  7. Cool blog! Is your theme custom made or did you download it from somewhere?
    A design like yours with a few simple tweeks would really make
    my blog jump out. Please let me know where you got
    your theme. Kudos

    my blog inventory control system

    ReplyDelete
  8. Good answer back in return of this question with firm arguments and explaining
    all on the topic of that.

    Here is my page; Symbol Barcode Reader

    ReplyDelete
  9. I don’t comment on quite a few blogs but just after reading some of the posts I thought I'd just say Gives Thanks and Keep up the good perform.

    Here is my webpage ... cheap vacation packages all inclusive

    ReplyDelete

Silakan Berkomentar sesuka Hati Anda Demi Kelancaran Kami Membangun Blog Ini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

BERJALAN MENDAKI GUNUNG EVEREST, TERTATIH BERJALAN DI GURUN SAHARA, BERLAYAR MENYEBRANGI LAUTAN HINDIA,HANYA UNTUK MELIHAT RESTANA'S BLOG