Thursday, January 12, 2012

TIPS BELANJA ONLINE YANG AMAN

Belanja merupakan kegiatan yang selalu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan disetiap waktu, apalagi diakhir tahun atau menjelang hari raya, seperti lebaran, natal, ataupun libur tahun akhir tahun.Dengan meningkatnya perkembangan teknologi, berbelanja pun bisa dilakukan secara online tanpa harus bertatap muka langsung dengan penjualnya. Tinggal pilih barang yang ditawarkan, pesan dan bayar sejumlah harga yang diberikan maka barang bisa datang dengan sendirinya kerumah.
Aktivitas yang padat masyarakat perkotaan membuat waktu semakin sempit. Termasuk untuk belanja kebutuhan penunjang di rumah tangga maupun dalam berpenampilan. Situs belanja online kemudian menjadi alternatif berbelanja yang praktis, cepat, mudah, dan semakin terpercaya. Penyedia jasa belanja online pun kian beragam, mulai konsep mal online hingga department store online. 

1. Cermati ikon pada browser

Sebuah browser akan menampilkan ikon tertentu jika situs yang dikunjungi tidak aman atau memiliki status berbahaya. jika browser menampilkan ikon unsecure, abaikan saja situs tersebut.

2. Cari situs dengan logo SSL

hampir sama dengan tips nomor 1, perhatikan logo SSL pada bagian bawah browser sobat. Logo SSL merupakan teknologi standar keamanan yang mana akan melindungi proses transaksi.
 
3. Jangan langsung tertarik dengan harga murah

Harga terlalu murah yang cenderung tidak masuk akal kadang merupakan jebakan untuk mengelabui pembeli. saya aja pernah ditawarin bb bold ma torch seharga 2jt(katanya new n ori) tapi saya ga percaya

4. Hati-hati jika memberi informasi

Jangan pernah untuk memberi tahu berbagai informasi mengenai data keuangan sobat, seperti nomor PIN, password. Karna para pedagang tidak membutuhkan hal itu, jadi jika ada yang menanyakan hal tersebut lebih baik diabaikan saja.
 
5. Periksa identitas/status penjual

Sebaiknya Hati-hatilah jika pedagang hanya mencatumkan nomor telepon serta alamat email yang gratisan. dan Periksa apakah penjual tersebut memiliki alamat yang jelas.
 
6. Jika masih ragu, abaikan saja

Tampilan yang menarik dan murah. inilah yang bisa dijadikan semacam jebakan oleh situs online ilegal/palsu untuk menarik korbannya. Oleh karena itu jika Sobat masih ragu, lebih baik cari situs lain yang sudah lebih terpercaya.

4 comments:

  1. iya, soalnya sekarang banyak penipuan di situs online shop ya gan... mending kita cari yang udah terkenal aja, tapi itu juga belum pasti bener sih, hehehe

    Blogwalking ya dari cantikalayanti.blogspot.com , follow balik ya gan, thanks

    ReplyDelete
  2. ia gan... sudah di follow...mkasi sbelumnya

    ReplyDelete
  3. Yahuut gan tips nya, 22 Des 2011, ane baru bikin website/toko online. sebelum umur 1 bln ternyata mendapat respon baik dan Alhamdullilah sdh ada yg beli beberapa produk ane. dan ga di sangka-sangka pengunjung sdh mencapai 9 rb-an. agan bisa ksh saran/ keritik mengenai website ane. www.kedaigrafika.com

    Makasih n salam kenal ya gan...
    Nurdiansyah

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin gan...semoga tambah sukses usahanya... usaha yang dijalankan dengan cara yang halal, pasti ada pahalanya..

      Delete

Silakan Berkomentar sesuka Hati Anda Demi Kelancaran Kami Membangun Blog Ini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

BERJALAN MENDAKI GUNUNG EVEREST, TERTATIH BERJALAN DI GURUN SAHARA, BERLAYAR MENYEBRANGI LAUTAN HINDIA,HANYA UNTUK MELIHAT RESTANA'S BLOG