Tuesday, September 11, 2012

MEMBUAT FORMAT HALAMAN BERBEDA PADA SATU FILE MICROSOFT WORD

Dalam membuat sebuah skripsi, makalah atau buku biasanya pada bagian awal selalu diawali dengan daftar pustaka, kata pengantar dll. Jika kita melihat sistem penomoran pada bagian itu ternyata berbeda dengan bagian isinya. Pada bagian awal tersebut biasanya menggunakan sistem penomoran dengan huruf romawi kecil, sedangkan pada bagian isi selalu menggunakan penomoran angka biasa.

Untuk mengatasi perbedaan format pada penomoran tersebut biasanya kita harus membuat dua buah file yaitu untuk bagian awal dan bagian isi dengan format penomoran yang berbeda. Namun ternyata sistem penomoran pada MS word sebenarnya bisa kita buat jadi dua format berbeda dalam satu file saja. Dengan begitu kita tidak harus terepotkan dengan pembuatan dua file yang berbeda dan tentunya lebih praktis.

Anda ingin mencobanya? Berikut ini tutorial bagaimana cara untuk membuat format penomoran yang berbeda pada satu file yang sama. Untuk prakteknya kita asumsikan akan membuat sebuah file namun pada halaman pertama dan kedua menggunakan sistem penomoran romawi kecil dan untuk halaman selanjutnya menggunakan penomoran biasa. Langkah-langkahnya sebagai berikut:


1. Ketiklah sebuah naskah, artikel atau yang lainnya sesuka Anda. Usahakan buatlah sampai 4 halaman.
2. Karena kita ingin membuat penomoran romawi pada halaman 1 dan 2 maka langkah pertama klik Tab Insert à Page Number. Pilihlah letak yang sesuai dengan yang kita inginkan.





3. Maka pada halaman akan muncul nomor yang kita sisipkan tersebut. Untuk mengubah sistem penomoran menjadi romawi maka klik Insert à Page Number à Format Page Number, kemudian pilihlah huruf romawi dan OK.




4. Hasil terakhir semua halaman menggunakan penomoran huruf romawi kecil.
5. Untuk membuat halaman ke-3 dan seterusnya menggunakan sistem penomoran angka biasa, langkah selanjutnya adalah letakkan dulu kursor pada halaman 3, kemudian klik Tab Page Layout à Breaks, pilih Next Page.




6. Pada halaman 3 tersebut klik ganda pada page number/footer. Klik Tab header dan Footer Tool yang muncul, kemudian nonaktifkan Link to previous.




7. Hapus nomor halaman tersebut, kemudian pada ribbon design, group menu Header & Footer klik page number. Dan pilih format page numbers.

8. Pada number format ubah i,ii,iii,…. Menjadi 1,2,3,… kemudian pada pilihan start at pilih 1 dan klik OK.





9. Sampai disini sudah berubah, yaitu halaman pertama dan kedua menggunakan format nomor halaman menggunakan angka romawi kecil sedangkan pada halaman ke-3 dan seterusnya menggunakan nomor halaman angka standart.
10. Untuk pengaturan letak halaman pada prinsipnya menggunakan cara yang sama yaitu menghilangkan fungsi link to previous dan start at pilih secara manual halaman yang anda butuhkan.


Setelah pengaturan diatas, maka dalam satu file nomor halaman berbeda-beda formatnya, ada nomor halaman dengan format angka romawi i,ii,iii,… dan ada juga nomor halaman yang menggunakan angka standart / Arabic 1,2,3,…

Semoga bermanfaat....

12 comments:

  1. postingan ini sangat menarik serta enak di bacatentang membuat format halaman berbeda pada satu file microsoft word.... saya berharap bisa berkunjung lagi

    ReplyDelete
  2. tapi pas di prin kok ndak muncul semua ya halamannya ???
    cma halaman awl awl AJ. BGIAN ISI TIDAK MUNCUL
    TOLONG D BANTU YA ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. dokumennya udah pernah dibuat halaman berbeda ya? coba buat dokumen baru dengan isi yang sama tanpa halaman dan ulangi langkah2 yang saya berikan diatas gan... dulu juga ane pernah gitu.

      Delete
  3. trimakasih sharingnya...sangat membantu

    ReplyDelete
  4. They need it two articles a hebdomad and so are gentle to fit into your weekly agenda.
    though I've moved from a simple Livejournal to I can't.
    Not imposed on Described by rivals as the viewer of political blogs.
    You volition penury to Pick out a blogging eruditeness more about her favorite athletics.
    You get a web-site that works decent to explain their net
    occupation visual sense. Still, it makes lilliputian sensory faculty to station missionaries
    rows configuration neck opening.

    My web site ... click here

    ReplyDelete
  5. terima kasih atas infonyaaaaaa
    sangat membantu dan bermanfaat ^__________________________^

    salam,
    wannabee

    ReplyDelete
  6. tq Gan...
    ane mau tanya nih kalo mau ngilangin nomer yg ada di halaman sebelumnya gimana..?

    ReplyDelete

Silakan Berkomentar sesuka Hati Anda Demi Kelancaran Kami Membangun Blog Ini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

BERJALAN MENDAKI GUNUNG EVEREST, TERTATIH BERJALAN DI GURUN SAHARA, BERLAYAR MENYEBRANGI LAUTAN HINDIA,HANYA UNTUK MELIHAT RESTANA'S BLOG