Wednesday, January 9, 2013

CARA MENGHITUNG & MENGURANGI UKURAN BERAT BLOG

cara mengurangi ukuran berat blog,cara mengukur berat blog,cara mengecilkan berat blog
09/01/13. Cara Menghitung &Mengurangi Ukuran Berat Blog - Berat sebuah blog memang mempengaruhi pengoptimalan blog itu sendiri.Dalam artian mempengaruhi untuk "optimasi SEO ( Search Engine Optimization )".Jika sebuah blog mempunyai ukuran berat yang kecil,maka akan meringankan proses loading untuk menampilkan blognya.Dan sebaliknya,jika sebuah blog mempunyai ukuran berat yang besar maka memberatkan proses loading untuk menampilkan blognya atau bisa disebut juga LOLA ( LOadingnya LAma ).
Ukuran berat sebuah blog memang disarankan jangan terlalu besar. Ukuran berat sebuah blog idealnya adalah berkisar antara 100 KB-120 KB. Jika sobat blogger mempunyai blog dengan ukuran berat lebih besar dari 120 KB, disarankan sobat untuk mengurangi/mengecilkan ukuran berat blognya. Sebelum melangkah ke Cara Mengurangi Ukuran Berat Blog, apakah sobat blogger sudah mengetahui berat blog sobat??....Untuk bisa mengetahui ukuran berat sebuah blog, sobat bisa memanfaatkan layanan online gratisan dari situs penyedia layanan untuk mengukur/menimbang berat blog.Di bawah ini adalah 2 situs yang mempunyai layanan online gratisan untuk mengukur/menimbang berat sebuah blog. Silahkan pilih salah satu atau pilih keduanya juga boleh.
1. Webtoolhub
  • Silahkan kunjungi http://www.webtoolhub.com/tn561353-website-speed-test.aspx
  • Masukkan alamat lengkap URL blog sobat,misal www.restana-asta.blogspot.com
  • Klik Check
2.  Iwebtool
  • Silahkan kunjungi http://www.iwebtool.com/speed_test
  • Masukkan alamat lengkap URL blog sobat,misal www.restana-asta.blogspot.com
  • Klik Check
Setelah mengetahui cara mengukur/menimbang ukuran berat blog,maka sobat akan mengetahui seberapa besar berat blog sobat.Selain itu,sobat bisa mengetahui apakah berat blognya sudah ideal????.....Sebenarnya untuk mengurangi/mengecilkan ukuran berat blog banyak cara yang bisa sobat lakukan.Dan perlu sobat ketahui,semakin kecil ukuran berat blog maka akan semakin cepat proses loading untuk menampilkan blog tersebut.Dan untuk bisa mengurangi/mengecilkan ukuran berat blog,sebaiknya gunakanlah/gantilah template blog yang memiliki ukuarn berat yang kecil,hapuslah widget-widget yang tak terlalu penting di blog sobat,hapuslah atau kurangi pemakaian jumlah halaman statis di blog sobat (jika sobat mempunyai halaman statis di blog).Itulah cara mudahnya untuk mengurangi/mengecilkan ukuran berat blog.
Namun jika sobat blogger merasa kurang "nyaman" dan kurang cocok dengan cara tersebut karena takut akan mengurangi "kecantikan" blog atau takut karena akan membuat tampilan blognya terlihat kurang menarik.Solusinya adalah sobat bisa memanfaatkan layanan HTML Optimizer.Layanan HTML Optimizer berfungsi untuk mengecilkan berat sebuah kode HTML.
Adapun cara mengurangi/mengecilkan ukuran berat blog dengan memakai HTML Optimizer adalah sebagai berikut :
Opsi Pertama
  1. Kunjungi http://www.webtoolhub.com/tn561361-html-optimizer.aspx
  2. Masukkan kode HTML yang mau diminimalkan beratnya, misalnya kode HTML dari widget Feedjit,widget Recent Post,widget Buku Tamu,dsb.
  3. Klik Optimize
  4. Lihat hasilnya,silahkan copy dan paste-kan ke blog sobat ( ganti semua kode HTML dari widget yang ada di blog sobat dengan kode HTML yang didapat dari hasil HTML Optimizer )
Opsi Kedua
  1. Login ke Blogger
  2. Klik Template
  3. Klik Edit HTML
  4. Klik Lanjutkan
  5. Beri tanda centang pada tulisan "Expand Template Widget"
  6. Cari kode <body>,untuk memudahkan pencarian tekan ctrl+F ( di keyboard komputer )
  7. Setelah ketemu,copy seluruh kode HTML yang letaknya setelah kode <body> sampai sebelum kode </body>
  8. Paste-kan kode HTML tersebut ke HTML Optimizer
  9. Ganti kode HTML antara <body> sampai sebelum </body> dengan kode HTML yang didapat dari hasil HTML Optimizer
  10. Klik Pratinjau
  11. Jika tak ada masalah dengan tampilannya,silahkan klik Simpan Template.Namun jika ternyata tampilannya ada peringatan seperti " Template Anda tidak valid...",silahkan klik Kosongkan Hasil Edit
  12. Silahkan ukur kembali blog sobat

----------------------------------------------------------------------------------------------

4 comments:

Silakan Berkomentar sesuka Hati Anda Demi Kelancaran Kami Membangun Blog Ini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

BERJALAN MENDAKI GUNUNG EVEREST, TERTATIH BERJALAN DI GURUN SAHARA, BERLAYAR MENYEBRANGI LAUTAN HINDIA,HANYA UNTUK MELIHAT RESTANA'S BLOG