Friday, June 17, 2011

CARA MENGHAPUS FOLDER AUTORUN.INF YANG DI BUAT SMADAV

Ada apa sich dengan smadav, Anti virus buatan lokal ini ternyata sedikit membuat gangguan pada komputer, karena setiap inputan yang dipasang kedalam komputer yang menggunakan Smadav akan otomatis dicek oleh file antivirus ini. Dan gangguan apa yang akan di timbulkan…..? yaitu file pengecek otomatis atau Autorun.inf  yang langsung terpasang di inputan tersebut. Alhasil file tersebut tidak dapat dihapus oleh cara yang biasa. Oleh karena itu bagaimana cara menghapus file tersebut ?
Nich saya beri sedikit gambaran tentang Autorun.inf….simak baik-baik ya??
Disini saya akan memberikan sedikit informasi tentang  manfaat dan kerugian yang ditimbulkan autorun.inf. dengan tujuan agar berguna bagi teman-teman yang membaca artikel ini.
Apa sich Autorun.inf ?
Sebelum kita membahas apa itu Autorun.inf ada baiknya kita bahas sedikit tentang Autorun atau Autoplay.
Autorun atau Autoplay diperkenalkan di windows 95 yang digunakan untuk mempermudah penginstalan aplikasi dan untuk mengurangi biaya suport dari software. Berfungsi untuk menjalankan file secara otomatis ketika media seperti CD-ROM, DVD-ROM, Flash disk dan lainnya di masukkan/pasang di komputer. Sehingga ketika berbagai media tersebut dimasukkan, tanpa kita menjalankan apapun, ada program yang akan otomatis berjalan sendiri. Fitur ini biasa dimanfaatkan dalam CD Driver yang disertakan ketika membeli motherboard / VGA atau yang lainnya. Udah ngeh belum…?
Sedangkan AUTORUN.INF adalah intruksi file pertama yang ada didalam fungsi outorun. Outorun.inf itu adalah text sederhana yang  dimiliki oleh aplikasi SO ( Sistem Operasi). Dengan kata lain autorun.inf adalah memanggil windows untuk menyetujui membuka tampilan atau isi di dalam CD atau file yang berisi instruksi tertentu, tentang apa yang otomatis dijalankan ketika media seperti flashdisk/CD dimasukkan ke komputer. Instruksi ini dapat berupa perintah untuk menjalankan file exe.
File Autorun.Inf dapat didefinisikan sebagai berikut :
  1. Proses atau aplikasi akan bekerja secara otomatis ketika disk dimasukkan.
  2. Secara bebas, dapat didifinisikan sebagai proses atau aplikasi akan bekerja khusus untuk lingkungan operasi.
  3. Icon tersebut akan mewakili aplikasi kamu didalam CD dan DVD ketika drive tampil di My computer dan Explorer.
  4. Menu komentar akan tampil ketika user mengklik kanan pada My Computer dan Explorer.
Nah sekarang dah tau kan apa kegunaan dari Autorun dan Autorun.inf. Apa pengaruh file Autorun.Inf? File ini secara umum memang tidak ada pengaruh terhadap kinerja komputer kita, akan tetapi file ini membuat kita risih, karena file ini sering meminta untuk memasukkan CD instalan windows pada CD-Rom. padahal semua inputan tidak terpasang didalam komputer. aneh kaaaaaan…hehehe. File ini juga tidak dapat dihapus dengan mengunakan click kanan>Delete. Yang membuat aneh lagi isi dari file ini adalah kode-kode yang tidak dapat dibaca, tetapi file ini dapat dibuka dengan menggunakan Notepad dan yang lainnya. Ini gambat file Autorun.inf yang dibuka menggunakan Notepad. Saya pernah mengalami hal yang sedikit membingungkan seperti ini, karena jengkelnya saya pernah menginstal ulang windows XP dengan instalan yang baru. Akan tetapi file ini masih nongooooool terus, akhirnya saya cari-cari tahu ternyata pada antivirus Smadav ada file ini, percaya atau mari kita buktikan. Dalam gambar diatas saya ambil dari flasdisk, dimana saya baru saja mengcopy file CIPLUX.EXE dari komputer teman yang menggunakan antivirus smadav.  ternyata file ini bekerja untuk menjalankan smadav pada inputan yang baru saya masukkan yaitu flasdisk saya. OK dah ngeh tow…………….hehehehe.
BAGAIMANA MENGHAPUS AUTORU.INF
Nah sekarang waktunya untuk menghapus file Autorun.inf .
Baiklah, sekarang kita ulas  bagaimana cara menghapus Autorun.inf. File ini tidak dapat dihapus dengan hanya mengklik kanan >delete pada mouse, akan tetapi file ini dapat dihapus dengan cara manual alias dos atau menggunakan software.
1. Menghapus secara manual (DOS).
Sabar ya..memang sich menghapus menggunakan software jauh lebih gampang dari pada  dilakukan secara manual. Ok sekarang kita bahas cara menghapus dengan manual. Pertama kali kamu harus dapat mengedintifikasi file ini yaitu dengan cara menampilkan file yang terhiden atau kamu dapat melihatnya dari perinrtah DOS, jika sudah tampak kamu dapat menghapus file ini seperti dibawah ini.
Buka START>ALL PROGRAM>ACCESSORIS>COMMAND PROMT. Pada computer kamu, dan hasilnya seperti ini.
Setelah itu pilih drive (drive yang ada di computer kamu mis C,D,E,F,Dll) dengan cara mengetik
  • F: (Tekan enter) yaitu perintah untuk pindah dari C : document and settings\adinistrator> ke Drive F hasilnya F:\>
  • Dir (tekan enter) yaitu perintah untuk melihat isi dari drive F
  • Dan contoh nya seperti berikut :
  • Nomor 1 : F : (tekan Enter)
  • Nomor 2 : dir (tekan enter)
  • Nomor 3 : adalah hasil dari dir yaitu folder yang terdapat didalam flashdisk.
Jika anda ingin melihat isi dari folder-folder diatas yaitu dengan perintah
  • CD mb (tekan enter) dimisalkan ingin melihat folder mb
  • F:\mb>dir
  • Nomor 1 : cd(spasi)mb: (tekan Enter)
  • Nomor 2 : dir (tekan enter)
  • Nomor 3 : adalah hasil dari dir yaitu is folder mb.
Baiklah kita kembali pada gambar No 5.
  • Nomor 1 : file yang akan dihapus.
  • Nomor 2 : F:> del(spasi)autorun.inf.
  • Nomor 3 : Tekan Y untuk menyetujui dan N untuk tidak
  • Nomor 4 : adalah hasil dari dir yaitu is folder drive F. bahwa Autorun.inf sudah tidak ada.
Diatas adalah cara menghapus secara manual dan sakarang waktunya menghapus mengunakan software.
2. Menghapus Menggunakan Software.
Sedikit gambaran tentang software ini adalah, dapat untuk menghapus, memindah dan menganti nama. Dengan software ini kamu tidak perlu lama-lama untuk menghapus file yang anda iginkan bahkan file yang tidak dapat dihapus juga dapat dengan mudah dihapus dengan program ini. Hanya cukup klik kanan file yang akan dihapus pilih unlocker dan hasilnya. bimsalabim, cling hilang deh..hahaha
Nah semoga bermanfaat dan kamu tidak bingung lagi  jika windows XP anda meminta file untuk memasukkan CD instalan. Cara diatas dapat membantu kamu untuk menghilangkan Autorunnya.
Semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. wah bos infonya bagus, tapi dari semua hasil tanya2 di om google, semuanya sama, masalahnya ada file autorun.inf pada flahsdisk, tapi yang banyak di permasalahkan orang adalah bagaimana cara menghilangkan file itu klo ada di dalam foldel komputer kita.

    ReplyDelete
  2. sama aja gan.. pake unlocker lbh gampang.. jika pke prompt kan banyak file... tapi dasarnya sama kok..

    ReplyDelete

Silakan Berkomentar sesuka Hati Anda Demi Kelancaran Kami Membangun Blog Ini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

BERJALAN MENDAKI GUNUNG EVEREST, TERTATIH BERJALAN DI GURUN SAHARA, BERLAYAR MENYEBRANGI LAUTAN HINDIA,HANYA UNTUK MELIHAT RESTANA'S BLOG