Monday, December 5, 2011

PERBAIKI HARDDISK RUSAK DENGAN FLOBO HARD DISK REPAIR



Hardisk Bad Sector ? Oh..tidak..jika ini terjadi memang bikin senewen ! Saya pernah pernah mengalami hal seperti dan dampaknya lumayan membuat panik juga ! Bagaimana tidak coba bayangkan bila file-file atau dokumen penting anda tiba-tiba tidak bisa di akses dengan berbagai 'error message' yang kadang-kadang justru
membingungkan dan membuat panik orang yang mengalami-nya. Apalagi kemudian program aplikasi yang sudah dengan susah payah dibuat, tiba-tiba tidak bisa dijalankan karena ada beberapa listing code atau source code yang hilang sebagian. Yang lebih parahnya lagi sebelum kejadian itu terjadi saya lupa untuk mem-backup isi harddisk yang bad sector itu kedalam media lain. Wah..betul-betul kejadian itu telah membuat fisik dan mental saya terkuras habis, dalam upaya untuk mengembalikan semua data-data yang hilang gara-gara bad sector. Inti-nya ketakutan saya pada saat itu hanya satu, yaitu jika ternyata semua data-data yang hilang tersebut tidak bisa di-recover.

Dulu saya pernah mem-posting tentang masalah hardisk bad sector dan repair dengan hdd regenerator disini. Jika mencoba me-review ulang artikel yang sudah saya buat tadi, beruntung sekali dari hasil analisa saya saat itu, ternyata bahwa harddisk saya tersebut masih dalah kondisi stabil artinya hardisk masih bisa di deteksi oleh mainboard atau kondisi rusak-nya masih pada tahap stadium awal !

Didorong oleh kebutuhan yang mendesak, akhirnya lewat bantuan google saya mencoba mencari beberapa software yang mungkin membantu menyelesaikan masalah yang sedang saya hadapi ini. Ternyata banyak juga yang bisa saya temukan mulai dari yang harus bayar sampai yang gratisan. Akhirnya pilihan saya jatuh pada sebuah software ini yang bernama 'Flobo Hardisk Repair'. Coba lihat capture dari tampilan software ini ! (restricted version).

Setelah saya mencoba meng-installnya dan menjalankan menu "Bad Sector Repair", dan oh... Thanks God ternyata bisa berfungsi sempurna. Tanpa perlu bersusah payah, cukup klik sekali dan selesai sudah masalah yang saya hadapi. Memang secara fisik harddisk yang bad sector ini tidak dapat diperbaiki secara total (setelah di defrag masih ada sedikit bad sector), namun data-data penting berhasil di selamatkan (ini yang jadi fokus utama misi penyelamatan). Terus terang saya belum pernah membandingkan software ini dengan software-software lain-nya yang sejenis, atau mencoba software ini pada kondisi harddisk yang lebih parah, untuk membuktikan kehandalan dari software ini. Tapi satu hal yang pasti software ini hanya bisa berfungsi hanya pada hardisk yang masih bisa terdeteksi oleh mainboard lewat bios.

Selain itu pada software ini disediakan juga menu lain yang berfungsi untuk mengukur kinerja dari performance hardisk. Fungsi-fungsi menu lain tersebut adalah :
  • Speed Test : untuk menguji kecepatan harddisk baik dalam reading maupun writing maupun kecepatan rotasi-nya.
  • HDD Information : untuk mengetahui berbagai informasi dari hardisk (no seri, model, capacity dll).
  • Surface Test : untuk mengecek kondisi fisik dari permukaan plat magnetik hardisk.
  • Media Stability : fungsi-nya mirip seperti defragmented hardisk, agar HD lebih stabil.
  • Contoller Test : untuk menguji fungsi rotasi, mikroprosesor, re-kalibrasi, spin up dll.

download

10 comments:

Silakan Berkomentar sesuka Hati Anda Demi Kelancaran Kami Membangun Blog Ini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

BERJALAN MENDAKI GUNUNG EVEREST, TERTATIH BERJALAN DI GURUN SAHARA, BERLAYAR MENYEBRANGI LAUTAN HINDIA,HANYA UNTUK MELIHAT RESTANA'S BLOG