Sunday, December 4, 2011

MATIKAN AUTOPLAY CEGAH VIRUS MASUK PADA KOMPUTER

Hal ini sangat menjengkelkan jika window autoplay muncul dan meminta kita untuk melakukan sesuatu terhadap drive yang sedang kita colokkan (harddisk eksternal, USB flash disk, atau CD / DVD) ke PC/laptop kita. Selain window autoplay mengganggu, autoplay / autorun juga dapat digunakan sebagai media oleh beberapa virus komputer untuk menginfeksi komputer kita.


Lebih baik bagi kita untuk mencegah komputer kita dari infeksi virus komputer.Salah satu cara virus komputer menginfeksi adalah melalui drive eksternal (USB Flashdisk, Harddisk, CD/DVD). Ketika fitur autorun / autoplay masih aktif, virus komputer menggunakan fitur ini untuk men-trigger menjalankan file autorun.inf nya yang disimpan sebagai hidden file di external drive menjalankan file virus di external drive untuk menginfeksi komputer kita, atau sebaliknya.
Ok, saya pikir alasan untuk menonaktifkan autorun / autoplay di windows sekarang sudah jelas
Mari kita bicara tentang langkah-langkah nya. Langkah-langkah yang cukup mudah, yaitu :
1. Klik Windows Start –> Run, kemudian ketikkan gpedit.msc dan klik ok. Ini ilustrasinya:
2. Ketika Group Policy terbuka, dan kemudian di window bagian kiri pilih Computer Configuration –> Administrative Templates –> System –> perhatikan di bagian kanan window, dan Double Click item Turn off Autoplay. Berikut ilustrasinya:
3. Turn off Autoplay Properties akan muncul. Pada window itu, Pilih opsi Enable. Dan pilih opsi Turn off Autoplay on: All Drives, dan klik tombol Apply kemudian klik tombol ok. Berikut ilustrasinya:

4. Dan Kembali ke window Group Policy, di window bagian kiri pilih User Configuration –> Administrative Templates –> System –> perhatikan window di bagian kanan, dan Double Click item Turn off Autoplay. Berikut Ilustrasinya :
5. Turn off Autoplay Properties akan muncul. Dan kemudian lakukan langkah yang sama seperti di langkah 3. Ini adalah langkah terakhir.
Kita telah sukses dalam menonaktifkan Autorun / Autoplay fitur dalam sistem operasi windows XP kita. Ane harap tutorial ini akan berguna untuk agan2 sekalian mencegah kemungkinan infeksi virus komputer dan untuk menghilangkan pertanyaan autoplay/autorun yang menjengkelkan muncul setiap kita mencolokkan hard drive eksternal kita ke PC/Laptop.

0 comments:

Post a Comment

Silakan Berkomentar sesuka Hati Anda Demi Kelancaran Kami Membangun Blog Ini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

BERJALAN MENDAKI GUNUNG EVEREST, TERTATIH BERJALAN DI GURUN SAHARA, BERLAYAR MENYEBRANGI LAUTAN HINDIA,HANYA UNTUK MELIHAT RESTANA'S BLOG