Wednesday, January 4, 2012

CARA UNINSTAL UBUNTU DESKTOP DARI KOMPUTER


Sebenarnya sayang sekali kalau anda menghapus Ubuntu dari komputer karena Ubuntu merupakan OS yang bersifat Open Source jadi kita bisa mendapatkannya secara gratis dan software-softwarenya pun banyak tersedia di internet dan komunitas. Namun apa boleh buat jika memang harus dihapus.


Jika anda memang ingin menghapus Ubuntu pada komputer dual boot anda, sebaiknya baca dulu tutorial berikut ini karena menghapus Ubuntu dari dual boot tidak bisa hanya dilakukan dengan menhapus partisinya saja.

Yang paling penting pada saat proses penghapusan ini adalah backup file linux anda ke media penyimpan lain misalnya harddisk eksternal atau flasdisk jika memang ada file penting yang harus diselamatkan karena kita akan menghapus partisi dari Ubuntu. Atau bisa juga dengan meng-copy file anda ke partisi Windows. Tapi yang paling direkomendasikan adalah disimpan di media lain berupa harddisk atau flasdisk karena untuk menghindari resiko fatal dari penghapusan Ubuntu.

Langkah berikutnya: menghapus setiap partisi Linux. Ini akan meliputi boot, swap, home, sekarang saatnya untuk menghapus semua partisi Linux. Ada beberapa cara untuk menghapus ini, untuk yang termudah adalah dari dalam Windows:

  • Log in ke akun dengan hak akses administratif.
  • Klik kanan pada My Computer, klik ‘Manage’.
  • Pilih ‘Disk Management’ di bawah ‘Storage’ dan Anda akan melihat semua partisi anda terdaftar di sana.

Selanjutnya, anda harus mengidentifikasi partisi Linux. Partisi Linux umumnya tidak memiliki sistem berkas yang terdaftar, karena Windows tidak mengenalinya. Cara lain dapat mengidentifikasi dengan ukuran atau nomor partisi. Dapat menggunakan manajer partisi, ini umumnya lebih baik untuk mengidentifikasi filesystem. Hapus partisi tersebut, pastikan Anda menghapus yang benar. Linux akan hilang begitu juga dengan GRUB, yang memungkinkan Anda untuk memilih sistem operasi untuk menggunakan pada saat boot. Jadi setelah penghapusan, anda tidak dapat boot ke sistem operasi lainnya.

Setelah itu yang harus anda lakukan sekarang adalah boot dari CD Windows/DVD untuk me-restore Master Boot Record. Anda juga dapat menggunakan CD Live misalnya HBCD. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Boot dari Windows CD/DVD dan pilih “Repair” ketika itu muncul.
  • Pilih command prompt pada layar dan jalankan dua perintah berikut :
bootrec /fixmbr
bootrec /fixboot
Pengguna perlu menjalankan XP recovery console dari CD Windows XP dan kemudian ketik fixmbr ketika pada command prompt.

Sekarang restart, keluarkan CD dan Anda dapat boot ke instalasi Windows Anda. Setelah itu, Anda harus mendapatkan partisi yang sebelumnya diisi oleh Linux. Yaitu dengan cara:

  • Jalankan Disk Management seperti sebelumnya.
  • Klik kanan pada unparitioned, pilih partisi baru atau drive logis baru.
  • Tentukan pilihan ukuran dan lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda.
Nah jika semua proses telah anda lakukan, seharusnya anda bisa kembali mengguanakan Windows anda kembali. Saya berharap anda mempertimbangkan kembali untuk menghapus Ubuntu dan selalu gunakan software original.

1 comments:

  1. backgroundnya membuat beberapa tulisan kurang jelas

    ReplyDelete

Silakan Berkomentar sesuka Hati Anda Demi Kelancaran Kami Membangun Blog Ini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

BERJALAN MENDAKI GUNUNG EVEREST, TERTATIH BERJALAN DI GURUN SAHARA, BERLAYAR MENYEBRANGI LAUTAN HINDIA,HANYA UNTUK MELIHAT RESTANA'S BLOG